Selasa, 30 Juni 2015

Tak Sekadar Menjadi Jurnalis


#Liputan Fendi Chovi

“Apakah kalian bekerja sebagai jurnalis hanya untuk mencari nafkah, karena mempertahankan hobi menulis atau memberikan nafkah anak dan istri. Pikirkan itu baik-baik.” Ungkap Miftah Faridl, wartawan Harian Pagi Surya saat membuka sekolah kaderisasi Aliansi Jurnalis Independen (AJI), Surabaya. (14/06)

Sekitar sepuluh jurnalis muda dari berbagai media massa baik cetak dan online serta televisi mengikuti kegiatan sekolah kaderisasi ini. Peserta belajar tentang jurnalisme dan kode etik jurnalistik yang harus dimiliki para jurnalis ketika bekerja.

Miftah Faridl membuka kegiatan sekolah kaderisas Aliansi Jurnalis Independen (AJI) dengan pernyataan-pertayaan menggugah seputar esensi bekerja dan menjalankan jurnalisme. “AJI berjuang menjaga Pers tetap berada pada ril-nya meski dengan perjuangan berdarah-darah,” tegasnya. 
 
Foto bersama Peserta Sekolah Kaderisasi AJI, Surabaya (2015)
“Kita berjuang untuk memberikan informasi yang benar. Itulah esensi kita berjurnalisme. Ungkap Donny Maulana Arief, saat mengisi materi mengenai jurnalisme.” Dony memberikan kesempatan kepada peserta untuk memberikan pernyataan tentang kebebasan pers dan diskusi berlanjut pada tantangan tentang masa depan Pers itu sendiri. Siapakah yang mengancam kebebasanPers di era saat ini?

Para peserta memberikan beberapa jawaban bahwa ancaman kebebasan Pers itu terletak pada pemerintah, pemilik media, mafia hingga organisasi kemasyarakatan maupun pemasang iklan yang ikutserta menintervensi para jurnalis memberikan informasi yang benar kepada publik.  Tugas jurnalis adalah menjadi pelayan untuk kepetingan bersama. Ungkap doni. 

Maksum, Dosen S-2 Universitas Airlangga, Surabaya dan mantan jurnalis Jawa Pos mengisi sesi Etika dan Kode Etik Jurnalistik. Maksum mewanti-wanti agar para jurnalis selalu check and ricek ketika sedang melakukan peliputan.

Selama satu hari, peserta menikmati pembelajaran seputar jurnalisme, kebebasan dan kode etik yang harus dimiliki oleh seorang jurnalis. Aliansi Jurnalis Independen pun mengakui tentang citizen reporter sebagai bagian dari kerja jurnalisme yang perlu dikembang di dalam kehidupan masyarakat.  


0 komentar:

Posting Komentar